RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : Nama Sekolah
Mata pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/semester :
VIII/ 2
Materi pokok : Pembentukan Harga Pasar
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi Dan Kompetensi
Dasar
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
7.
Memahami
kegiatan Perekonomian Indonesia
|
7.4
Mendiskripsikan
Permintaan Dan Penawaran Serta Terbentuknya Harga Pasar
|
B.
Indikator Pencapaian Dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator
Pencapaian
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Pertemuan
I
7.4.1. Menjelaskan Pengertian Permintaan
dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
7.4.2. Menjelaskan hukum permintaan
dan kurva permintaan
7.4.3. Menjelaskan Jenis-Jenis
Pemintaan
7.4.4. Menjelaskan Pengertian
Penawaran dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
7.4.5. Menjelaskan hukum permintaan
dan kurva penawaran
7.4.6. Menjelaskan Jenis-Jenis
Penawaran
Pertemuan
II
7.4.6.
Menjelaskan
pembentukan harga keseimbangan
|
Pertemuan I
1.
Siswa
dapat memahami pengertian permintaan
2.
Siswa
dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
3.
Siswa
dapat mengetahui hukum permintaan dan kurva permintaan
4.
Siswa
dapat memahami jenis-jenis permintaan
5.
Siswa
dapat memahami pengertian penawaran
6.
Siswa
dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
7.
Siswa
dapat mengetahui hukum penawaran dan kurva penawaran
8.
Siswa
dapat memahami jenis-jenis penawaran
Pertemuan
II
9.
Siswa
bisa memahami tentang harga Keseimbangan
|
C.
Fakta, Prinsip, dan Konsep
No
|
Uraian
|
Poin
|
1.
|
Fakta
|
-
Dalam
pemenuhan kebutuhan manusia lebih cendrung membeli barang dengan harga mewah
|
2.
|
Prinsip
|
-
Harga
berkaitan erat dengan permintaan dan penawaran
|
3.
|
Konsep
|
-
Permintaan
adalah sejmalah barang yang diminta pada tingkat harga, tempat dan waktu
tertentu
-
Hukum
permintaan jika harga naik maka permintaan turun dan sebaliknya pada saat
harga turun permintaan naik
-
Penawaran
adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada tingkat harga, tempat,
dan waktu tertentu
-
Hukum
penawaran jika harga barang ditawarkan naik maka jumlah barang yang
ditawarkanpun akan bertambah dan sebaliknya jika harga barang turun maka
jumlah barang yang ditawarkanpun akan berkurang
|
D.
Materi Pokok
1.
Pengertian
Permintaan
Permintaan adalah
sejmalah barang yang diminta pada tingkat harga, tempat dan waktu tertentu.
Dalam konsep permintaan akan terkandung pengertian keinginan (willingnes) dan
kemampuan (ability).
2.
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Permintaan
a.
Harga
Barang itu Sendiri
b.
Harga
Barang Lain yang Berhubungan
c.
Cita
Rasa/Selera Konsumen
d.
Pendapatan
e.
Perkiraan
harag dimasa yang akan datang
f.
Jumlah
penduduk
g.
Intesitas
kebutuhan konsumen
h.
Waktu
i.
Kualitas
produk
3.
Hukum
Permintaan
“ jika harga naik
maka permintaan turun dan sebaliknya pada saat harga turun permintaan naik”
4.
Kurva
Permintaan
Q
5.
Jenis-Jenis
Permintaan
a.
Permintaan
berdasarkan subjeknya
1)
Permintaan
induvidu
2)
Permintaan
kolektif
b.
Permintaan
berdasarkan Daya Beli Konsumen
1)
Permintaan
efektif
2)
Permintaan
Potensial
3)
Permintaan
absolut
c.
Permintaan
berdasarkan Sumber Pendapat
1)
Permintaan
konsumen
2)
Permintaan
pengusaha
3)
Permintaan
Pemerintah
4)
Permmintaan
Luar Negeri
6.
Pengertian
Penawaran
Penawaran adalah
sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada tingkat harga, tempat, dan waktu
tertentu
7.
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Penawaran
a.
Harga
Barang itu Sendiri
b.
Biaya
Produksi
c.
Kemajuan
Teknologi
d.
Perkiraan
Penjual terhadap harga di Masa yang Akan Datang
e.
Jumlah
penjual
f.
Pajak
dan Subsidi
g.
Tujuan
Pemasaran
8.
Hukum
Penawaran
“Jika harga barang
ditawarkan naik maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambah dan
sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan
berkurang”
9.
Kurva
Penawaran
Q
10.
Jenis-Jenis
Penawaran
a.
Penawaran
perorangan
b.
Penawaran
Pasar
11.
Pemberntukan
Harga Keseimbangan
Harga Keseimbangan terbentuk melalui proses
interaksi tawar-menawar yang dilakukan oleh pembeli dengan penjual. Apabila
harga barang rendah maka permintaan tinggi dan penwaran rendah sehingga terjadi
dorongan untuk menaikan harga. Sedangkan apabila harga terlalu tinggi maka
permintann rendah dan penawaran tinggi sehingga mengakibatkan dorongan untuk
menurunkan harga agar barang dan jasa dapat diterima di pasar
E
|
D
|
Q
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
ü Ceramah
ü Tanya Jawab Berfariasi
ü Word Square
2.
Pertemuan
2
ü Ceramah
ü Tanya Jawab Berfariasi
F.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Alokasi
Waktu
|
Karakter Siswa
Yang diinginkan
|
A.
Pertemuan I
1.
Kegiatan
Awal
-
Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
-
Memeriksa
kehadiran siswa
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2.
Kegiatan
Inti
-
Guru
menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
-
Guru
Membagikan lembaran kegiatan siwa
-
Siwa
menjawab soal kemudian menggaris huruf dalam kotak sesuai dengan jawaban
-
Guru
memberikan poin pada setiap jawaban dalam kotak
-
Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dijelaskan
3.
Kegiatan
Penutup
-
Guru
dan siswa melakukan refleksi
-
Guru
memberikan pekerjaan rumah
-
Salam
Penutup
|
√
√
√
|
√
√
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Religi
Disiplin
Rasa
InginTahu
Cinta
Ilmu
Jujur
dan kerja kers
|
|
B.
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Awal
-
Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
-
Memeriksa
kehadiran siswa
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2.
Kegiatan
Inti
-
Guru
menggali infromasi yang diketahui siswa mengenai permasalahan ketenagakerjaan
-
Guru
mengkonfirmasikan unsur-unsur terhadap materi yang dapat meningkatkan
kejelasan
-
Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dijelaskan
3.
Kegiatan
penutup
-
Guru
dan siswa melakukan refleksi
-
Guru
memberikan pekerjaan rumah
-
Salam
penutup
|
√
|
√
|
√
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
Religi
Disiplin
Aktif
dan Berani
Cinta
Ilmu
|
G.
Penilaian
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Esai
c.
Soal
1)
P
|
E
|
N
|
G
|
U
|
S
|
A
|
H
|
A
|
P
|
P
|
O
|
I
|
U
|
T
|
R
|
P
|
A
|
M
|
N
|
B
|
V
|
C
|
X
|
Z
|
E
|
N
|
K
|
L
|
Q
|
W
|
E
|
S
|
E
|
A
|
W
|
D
|
E
|
R
|
G
|
H
|
N
|
J
|
L
|
U
|
O
|
P
|
T
|
T
|
U
|
R
|
U
|
N
|
Z
|
S
|
X
|
C
|
A
|
B
|
S
|
O
|
L
|
U
|
T
|
O
|
P
|
L
|
M
|
I
|
O
|
B
|
V
|
F
|
W
|
A
|
D
|
G
|
P
|
A
|
E
|
P
|
H
|
J
|
L
|
I
|
I
|
A
|
E
|
T
|
A
|
T
|
H
|
A
|
R
|
G
|
A
|
A
|
A
|
A
|
E
|
R
|
N
|
L
|
K
|
J
|
R
|
Y
|
J
|
G
|
O
|
R
|
T
|
K
|
L
|
S
|
H
|
Y
|
D
|
T
|
N
|
O
|
A
|
L
|
M
|
T
|
D
|
R
|
Y
|
N
|
O
|
P
|
A
|
D
|
I
|
Y
|
A
|
P
|
N
|
P
|
N
|
R
|
U
|
E
|
U
|
E
|
R
|
T
|
Y
|
R
|
V
|
U
|
O
|
A
|
S
|
S
|
O
|
E
|
K
|
S
|
I
|
A
|
C
|
B
|
N
|
M
|
I
|
I
|
P
|
H
|
N
|
A
|
A
|
D
|
S
|
R
|
O
|
W
|
E
|
R
|
T
|
Y
|
D
|
O
|
Y
|
G
|
S
|
T
|
H
|
K
|
I
|
T
|
P
|
A
|
S
|
D
|
F
|
G
|
U
|
G
|
M
|
E
|
N
|
I
|
N
|
G
|
K
|
A
|
T
|
1.
Sejumlah
Barang atau jasa yang diminta pada tingkat harga, tempat dan waktu tertentu
diebut.....
2.
Permintaan
........ adalah permintaan yang berasal dari konsumen secara perorangan.
3.
Semakin
naik harga barang maka permintaan akan semakin......
4.
......
adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada tingkat harga, tempat,
dan waktu tertentu
5.
Permintaan
.... adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak
disertai daya beli
6.
Penawaran
...... adalah penawaran barang atau jasa yang akan dijual oleh
produsen-produsen di pasar
7.
Jika
jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak maka permintaan juga
akan....
8.
Biaya
yang dikeluarkan oleh produsen untuk memproduksi suatu barang disebut biaya...
9.
Permintaan
.... adalah keinginan para pengusaha akan faktor-faktor produksi
10. Dalam hukum penawaran, satu
faktor yang mempengaruhi penawaran adalah......
2)
Harga Barang (P)
|
Jumlah Barang Yang Diminta (D)
|
Jumlah Barang Yang Ditawarkan
(S)
|
15000
|
20
|
60
|
14000
|
30
|
50
|
13000
|
40
|
40
|
12000
|
50
|
30
|
11000
|
60
|
20
|
Dari
Soal Ditas Buatlah Kurva Pembentukan Harga keseimbangan !
Jawaban
:
E
|
D
|
60
50 40 30
20 Q
H.
Sumber Belajar, Bahan Belajar, Dan Alat Belajar
1.
Sumber
belajar
Sri Sudarmi Dan
Waluyo 2008. Galeri Pengetahuna Sosial Terpadu SMP dan MTs kelas VIII.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Halaman 321
2.
LKS
IPS Terpadu Halaman 98
3.
Alat
belajar
v Chart
v Papan tulis
v
Spidol
Mengetahui Padang,
April 2015 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(.......................) (................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar