RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
Mata pelajaran :
IPS Terpadu
Kelas/semester :
VIII/2
Materi pokok :
PAJAK
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi Dan Kompetensi
Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7.
Memahami
kegiatan Perekonomian Indonesia
|
7.3. Mendiskripsikan Fungsi Pajak
Dalam Perekonomian Indonesia.
|
B. Indikator Pencapaian Dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian
|
Tujuan Pembelajaran
|
Pertemuan I
7.3.1. Menjelaskan
Pengertian Pajak
7.3.2. Menjelaskan
Unsur Pajak dan Fungsi Pajak
Pertemuan
II
7.3.3. Menjelaskan
Jenis-jenis Pajak
7.3.4. Menjelaskan
Sistem Perpajakan Di Indonesia
|
Pertemuan
I
1. Siswa
dapat memahami pengertian pajak
2. Siswa
dapat mengetahui unsur pajak dan fungsi pajak
Pertemuan
II
1. Siswa
dapat mengetahui jenis-jenis pajak
2. Siwa
dapat mengetahui sistem pajak yang digunakan di Indonesia
|
C. Fakta, Prinsip, dan Konsep
No
|
Uraian
|
Poin
|
1.
|
Fakta
|
-
Adanya aturan pajak yang diatur
dalam UUD No. 28 Tahun 2007
|
2.
|
Prinsip
|
-
Pajak sebagai sumber pembiayaan
bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan
|
3.
|
Konsep
|
-
Pengertian Pajak
-
Unsur-Unsur Pajak Dan Fungsi
Pajak
-
Jenis-Jensi Pajak
ü Pajak
Langsung
ü Pajak
Tidak Langsung
ü Pajak
Negara
ü Pajak Daerah
-
Sistem Pajak Di Indonesia
ü Pajak
Bumi Dan Bangunan
ü Pajak
Penghasilan
ü Pajak
Pertambahan Nilai
ü Pajak
Atas Penjualan Barang Mewah
|
D. Materi Pokok
1. Pengertian
Pajak
2. Unsur-Unsur
Pajak dan Fungsi Pajak
3. Jenis-Jenis
Pajak
4. Ssistem
Perpajakan di Indonesia
E. Metode Pembelajaran
1. Pertemuan
1
ü Ceramah
ü Tanya
Jawab Berfariasi
ü Sqramble
2. Pertemuan
2
ü Ceramah
ü Tanya
Jawab Berfariasi
F.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Alokasi
Waktu
|
Karakter Siswa
Yang diinginkan
|
A. Pertemuan I
1. Kegiatan
Awal
- Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran siswa
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2. Kegiatan
Inti
- Guru
menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
- Membagikan
lembaran kerja yang telah disediaakan guru
- Siswa
mengerjakan soal yanga ad pada lembaran soal yang telah dibagikan
3. Kegiatan
Penutup
- Guru
dan siswa melakukan refleksi
- Guru
memberikan pekerjaan rumah
- Salam
Penutup
|
√
|
√
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Religi
Disiplin
Jujur
dan kerja kers
|
|
B.
Pertemuan
II
1. Kegiatan
Awal
- Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran siswa
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2. Kegiatan
Inti
- Guru
menggali infromasi yang diketahui siswa mengenai permasalahan ketenagakerjaan
- Guru
mengkonfirmasikan unsur-unsur terhadap materi yang dapat meningkatkan
kejelasan
- Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dijelaskan
3. Kegiatan
penutup
- Guru
dan siswa melakukan refleksi
- Guru
memberikan pekerjaan rumah
- Salam
penutup
|
√
|
√
|
√
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
Religi
Disiplin
Aktif
dan Berani
Cinta
Ilmu
|
G.
Penilaian
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Esai
c. Soal
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan pajak !
|
Pajak adalah iuran
wajib yang dipungut oleh negara yang dapat dipaksakan berdasarkan norma-norrma
hukum yang balas jasanya tidak diberikan secara langsung, yang digunakan
untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran kolektif guna meningkatkan
kesejahteraan umum.
|
10
|
2.
|
Sebutkan unsur-unsur
yang ada dalam pajak!
|
1.
Subjek pajak
2.
Objek pajak
3.
Tarif Pajak
|
10
|
3.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan Pajak Langsung dan contohnya!
|
Pajak Langsung adalah pajak yang pembayaran beban
pajaknya tidak dapat digeserkan dan dialihkan kepada pihak lain. Contohnya : PPh
dan PBB
|
10
|
4.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan pajak pertambahan nilai (PPn)!
|
PPn
adalah pajak yang dikenakan ataskonsumsi barang atau jasa di dalam daerah
pabean.
|
10
|
5.
|
Jelaskan apa yang
dimaskud dengan fungsi pajak Buggeter?
|
Pajak
yang berfungsi untuk mengumpulkan dana untuk mengumpulkan dana yang digunakan
untuk membiayai penyelenggaraan roda pemerintahan dan kegiatan pembangunan.
|
10
|
6.
|
Jelaskan Apa yang
dimaksud dengan tarif pajak?
|
Tarif
pajak adalah dasr penggenaan besarnya pajak yang harus dibayar oleh wajib
pajak terhadap objek pajak yang menjadi tanggungannya.
|
10
|
7.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud degan cukai!
|
Cukai adalah pungutan resmi dari
pemerintah kepada produsen tertentu tas barang-barang yang diproduksi.
|
10
|
8.
|
Sebutkan
prinsip-prinsip dalam pemungutan pajak!
|
1. Meningkatnya
nak yamg putus sekolah
2. Angka
kriminalitas meningkat
3. Peningkatan
jumlah anak jalanan
4. Kualitas
hidup menurun
|
10
|
9.
|
Seorang pengusaha
mengimpor barang kena pajak dengan nilai impor sebesar Rp. 200.000.000,00.
Selain dikenakan pajak pertamabahan nilai 10% juga dikenakan penjualan ats
barang mewah dengan tarif 50%. Hitunglah pajak pertambahan nilai dan pajak
penjualan atas barang impor barang kena pajak!
|
PPN= 10% x Rp. 2.000.000.000,00
= Rp. 200.000.000,00
PPnBM= 50% x Rp. 2.000.000.000,00
= Rp. 1.000.000.000
|
10
|
10.
|
Pak budi memilki
sebidang tanah seluas 150 dengan harga Rp. 500.000,00 per diatasnya berdiri sebuah rumah seluas 100 dengan harga Rp. 600.000 per . Beraakah NJOP-nya?
|
Bumi :150 x . 500.000,00 =
75.000.000
Bangunan : 100
x 600.000,00= 60.000.000
NJOP sebagai dasar pengenaan pajak 135.000.000
NJOP-TKP
12.000.000
NJOPKP
123.000.000
NJKP= 20% X 123.000.000 24.600.000
PBB yang terutang
sebesar 0,5% x 24.600.000 = Rp. 123.000,00
|
10
|
Total
Skor
|
100
|
H.
Sumber Belajar, Bahan Belajar, Dan Alat Belajar
1. Sumber
belajar
Sri Sudarmi Dan Waluyo 2008. Galeri
Pengetahuna Sosial Terpadu SMP dan MTs kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
2. LKS
IPS Terpadu Halaman 58
3. Alat
belajar
v Hand
Out
v Papan
tulis
v Spidol
Mengetahui Padang,
Maret 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(..........................) (....................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar