RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : Nama Sekolah
Mata
pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : VIII/2
Materi
pokok : Ketenagakerjaan
Alokasi
waktu : 2 x 40
menit
A. Standar Kompetensi Dan Kompetensi
Dasar
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
B. Indikator Pencapaian Dan Tujuan
Pembelajaran
Indikator
Pencapaian
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Pertemuan I
7.1.1. Menjelaskan Pengertian Angkatan Kerja Dan Angkatan Kerja
7.1.2. Menjelaskan
Penggolongan Tenaga Kerja
Pertemuan II
7.1.3. Menjelaskan
Permasalahan Ketenagkerjaan Di Indonesia
7.1.4. Menjelaskan
Peran Pemerintah dalam Menanggulangi Masalah Tenaga Kerja
|
Pertemuan I
1. Siswa
dapat memahami pengertian angkatan kerja dan tenaga kerja
2. Siswa
dapat memahami penggolongan tenaga kerja
Pertemuan
II
1. Siswa
dapat mengidentifikasi permasalahan tenaga kerja
2. Siwa
dapat mengidentifikasi penanggulangan masalah tenaga kerja yang dapat
mengurangi permasalahan tenaga kerja
|
C. Materi Pokok
1. Pengertian
Angkatan Kerja Dan Tenaga Kerja
2. Penggolongan
Tenaga Kerja
3. Permasalahan
Tenaga Kerja Di Indonesia
4. Peranan
Pemerintah Dalam Menanggulangi Permasalahan Teaga Kerja
D. Metode Pembelajaran
1. Pertemuan
1
ü Ceramah
ü Tanya
Jawab Berfariasi
2. Pertemuan
2
ü Ceramah
ü Tanya
Jawab Berfariasi
E. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Alokasi
Waktu
|
Karakter
Siswa
Yang
diinginkan
|
A. Pertemuan I
1.
Kegiatan Awal
- Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran siswa
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2.
Kegiatan Inti
- Guru
menggali infromasi yang diketahui siswa mengenai permasalahan ketenagakerjaan
- Guru
mengkonfirmasikan unsur-unsur terhadap materi yang dapat meningkatkan
kejelasan
- Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dijelaskan
3.
Kegiatan penutup
- Guru
dan siswa melakukan refleksi
- Guru
memberikan pekerjaan rumah
- Salam
penutup
|
√
|
√
|
√
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
Religi
Disiplin
Aktif
dan Berani
Cinta
Ilmu
|
B.
Pertemuan
II
1. Kegiatan
Awal
- Salam
pembuka dan berdo’a untuk pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran siswa
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai
2.
Kegiatan Inti
- Guru
menggali infromasi yang diketahui siswa mengenai permasalahan ketenagakerjaan
- Guru
mengkonfirmasikan unsur-unsur terhadap materi yang dapat meningkatkan
kejelasan
- Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dijelaskan
3.
Kegiatan penutup
- Guru
dan siswa melakukan refleksi
- Guru
memberikan pekerjaan rumah
- Salam
penutup
|
√
√
|
√
|
√
|
10
menit
60
menit
10
menit
|
Religi
Disiplin
Aktif
dan Berani
Cinta
Ilmu
|
F.
Sumber Belajar, Bahan Belajar, Dan Alat Belajar
1.
Sumber belajar
Sri Sudarmi Dan Waluyo 2008. Galeri Pengetahuna
Sosial Terpadu SMP dan MTs kelas VIII. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional
2. LKS
IPS Terpadu Halaman 58
3.
Alat belajar
v Chart
v Papan
tulis
v Spidol
G.
Penilaian
Tes
Tertulis Ulangan harian
Soal
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan tenga kerja !
|
Tenaga kerja adalah
setiap orang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa
baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat
|
10
|
2.
|
Sebutkan 5 kriteria
angkatan kerja untuk dapat memasuki dunia kerja !
|
1.
Jenis pendidikan
2.
Keahlian khusus
3.
Pengalaman kerja
4.
Kesehatan
5.
Sikap dan kejujuran
|
10
|
3.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan bukan angkatan kerja dan berikan contohnya !
|
Bukan angkatan kerja
adalah golongan penduduk usia kerja yang tidak bekerja dan tidak sedang
mencsri pekerjaan atau yang menerima pendapatan tetapi bukan suatu imbalan
langsung dari proses produksi
Contoh : pelajar, mahasiswa,
ibu rumah tangga
|
10
|
4.
|
Sebutkan 5
permasalahan ketenagakerjaan yang ada di Indonesia !
|
1. Mutu
tenaga kerja yang relatif rendah
2. Upah
tenaga kerja yang rendah
3. Jumlah
angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
4. Pengangguran
5. Penyebaran
tenga kerja tidak merata
6. Kurang
sesuainya kemampuan tenaga kerja dengan pekerjaannya
7. Serangan
tenaga kerja asing
8. Kurangnya
perlindungan tenga kerja
|
10
|
5.
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan pengangguran teknologi !
|
Pengangguran
teknologi adalah pengangguran yang disebabkan oleh perubahan teknologi
|
10
|
6.
|
Sebutkan 3 peran
pemerintah dalam meningkatkan mutu tenaga kerja !
|
1. Latihan
2. Magang
3. Pendidikan
4. Perbaikan
gizi dan kesehatan
5. Penataran
|
10
|
7.
|
Menurut keahliannya,
tenaga kerja dapat dibedakan menjadi 3, berikan contoh dari masing-masingnya
!
|
1. Tenaga
kerja terdidik
Contoh: dosen, guru,
dokter
2. Tenaga
kerja Terlatih
Contoh : penjahit,
spoir, pemangkas rambut
3. Tenaga
kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
Contoh : kuli
panggul, tukang sapu, tukang parkir
|
10
|
8.
|
Sebutkan 4 dampak
pengangguran di Indonesia !
|
1. Meningkatnya
nak yamg putus sekolah
2. Angka
kriminalitas meningkat
3. Peningkatan
jumlah anak jalanan
4. Kualitas
hidup menurun
|
10
|
9.
|
Jelaskan apa yang
diamksud setengah penganguran !
|
Golongan angkatan kerja
yang mempunyai pekerjaan, tetapi jam kerjanya tidak optimum atau bekerja
dibawah normal.
|
10
|
10.
|
Menurut anda kenapa
angka pegangguran di Indonesia Tinggi !
|
10
|
|
Total
Skor
|
100
|
Skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor maksimal
Mengetahui Padang,
Februari 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajran
(.......................) (.........................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar